Program Pengabdian pada Masyarakat MTI UAD

MTI UAD – Menuntut ilmu merupakan hal yang wajib bagi setiap manusia dan bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok sebagai modal dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Dengan menuntut ilmu, kita akan terhindar dari sifat kejahilan dan tentunya kita akan memiliki wawasan yang lebih luas dari ilmu-ilmu yang kita dapatkan. Terlebih jika kita sudah menguasai bidang ilmu tertentu, pasti akan banyak orang yang membutuhkan kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan di bidang yang kita kuasai. Namun ketika kita menjadi seorang ahli atau orang yang menguasai dalam bidang ilmu tertentu kita tidak boleh angkuh/sombong dengan ilmu yang kita miliki. Karena sejatinya semua kepintaran kita itu hanyalah titipan dari Allah SWT yang Maha Memiliki. Alangkah baiknya ketika kita memiliki ilmu yang lebih, kita bagikan kepada orang lain agar orang lain juga mengetahui apa yang belum mereka ketahui. Ilmu yang kita bagikan tidak akan pernah hilang dari diri kita. Ilmu yang dibagikan justru akan menjadi ilmu yang berkah, seperti pohon yang berbuah. Jika seseorang membagikan ilmu, maka ilmunya akan semakin bertambah. Dengan mengajarkan ilmu, ilmu yang dimiliki akan semakin menancap kuat dalam sanubarinya.

Hal ini yang dilakukan mahasiswa Magister Teknik Informatika UAD (MTI UAD) yaitu membagikan ilmu yang mereka miliki melalui Program Kerja Pengabdian Masyarakat MTI UAD Yogyakarta di SMA Muhammadiyah Gombong yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 Mei 2017. Program Pengabdian kali ini bertajuk “Seminar Open Source & Perbedaan Propietary”. Mahasiswa yang mengisi pada acara tersebut adalah mahasiswa semester 2 MTI UAD. Mereka meyampaikan beberapa materi yang berkaitan dengan open source, propietary, security system, dan mobile hacking. Pada Program Pengabdian tersebut tidak hanya sekedar penyampaian materi saja namun di akhir sesi juga diadakan praktek dari materi-materi yang telah disampaikan sebelumnya. Bahkan para mahasiswa MTI UAD juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA Muhammadiyah Gombong untuk terus belajar dan belajar karena sumber masalah terbesar adalah ketidaktahuan, maka obatnya adalah dengan menuntut ilmu.

Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa S2 Teknik Informatika ini mendapatakan dukungan dan apresiasi dari Kaprodi dan dosen-dosen MTI UAD. Kaprodi dan para dosen MTI UAD ini menyempatkan waktu untuk datang langsung ke SMA Muhammadiyah Gombong. Beliau-beliau disambut langsung oleh kepada sekolah SMA Muhammadiyah Gombong. Bapak Faruddin (Kepsek SMA Muhammadiyah Gombong) mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen & mahasiswa MTI UAD yang telah menyelenggarakan Program Pengabdian di SMA Muhammadiyah Gombong dan telah bersedia untuk membagikan ilmu kepada siswa-siswi disana.

Harapannya dengan adanya Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Gombng ini dapat memberikan kemanfaatan bagi seluruh pihak yang terliabt  dan khusunya untuk siswa-siswi SMA Muhammadiyah Gombong, dan semoga kerjasama ini dapat mempererat tali silaturahmi antar instansi.

Leave us a Comment

%d bloggers like this: